Senin, 24 April 2017

Situasi ditempat kerja dengan pekerjaan yang menumpuk dan membosankan

Assalamualaikum, pada tulisan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika bekerja di infinys system indonesia sebagai sistem enginner.
          Perkenalkan nama saya Alan Adi Prastyo, biasa dipanggil Alan saya berasal dari pekalongan jawa tengah. pertama masuk universitas gundarma pada tahun 2013 dengan jurusan Teknik informatika, awalnya saya masuk kuliah tujuanya untuk belajar network dan server ternyata pada saat kuliah pertama kali yang saya dapat adalah coding (programming). ternyata ini sangat membantu saya untuk menyelesaikan pekerjaan yang cukup kompleks di networking dan sistem server.
          singkat cerita pada saat ini saya sudah bekerja freelance sebagai openstack enginner di PT BTech dan menjalani proses magang di cloud kilat sebagai sistem enginner dan saya merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi, tentu ini merupakan keadaan yang tidak mudah buat saya karena disatu sisi harus menyelesaikan kuliah tepat waktu disisi yang lain saya juga harus mengerjakan pekerjaan saya di btech dan cloud kilat. situasi yang cukup membuat saya merasa tidak nyaman ketika dikantor adalah pada saat pekerjaan menumpuk dan aktifitas kantor yang membosankan, terutama ketika saya baru masuk kerja sebagai karyawan baru tentunya saya membutuhkan adaptasi untuk menyesuiakan dilingkungan kantor. Tentunya hal tersebut pasti sudah pernah dilalui oleh semua orang yang sudah bekerja.

apalagi pekerjaan menjadi seorang sistem enginner sering dikerjakan pada saat malam hari karena untuk meminimalisir down time ketika membangun / maintenance server tentu ini harus mempersiapkan mental, namun karena saya sudah biasa dengan pekerjaan ini jadi saya tidak ada masalah.
          Dari masalah tersebut saya punya tips dan trik untuk mengatasi pekerjaan yang menumpuk dan pekerjaan yang membosankan, namun sebelumnya tentunya setiap orang punya tips dan trik masing-masing untuk mengatasi pekerjaan yang menumpuk dan pekerjaan yang membosankan, dan saya punya trik sendiri untuk mengatasi masalah tersebut. untuk mengatasi masalah pekerjaan yang menumpuk biasanya saya membuat point-point sendiri untuk menyelesaikan sebuah project sehingga saya lebih efisien dan cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, namun terkadang saya mengalami stack pada pekerjaan saya, biasaya hal ini disebabkan karena masalah teknis atau pun karena masalah belum disupportnya suatu software oleh komunitas atau vendor sehingga dokumentasinya sedikit.
           Biasanya saya mencari inspirasi dengan mendengarkan murotal Quran atau mendengarkan kajian ilmu agama islam untuk merefleksikan pikiran saya supaya tenang ataupun berdiskusi dengan teman yang pernah mengalami masalah tersebut, tentu setiap orang mempunyai trik tersendiri. Untuk masalah pekerjaan yang membosankan itu terjadi karena ada beberapa faktor diantaranya mengerjakan pekerjaan yang sama setiap harinya, terkadang itu membuat seseorang menjadi jenuh dengan perkerjaan yang dilakukan, kedua karena memang pada saat itu tidak ada pekerjaan jadi seseorang menjadi bingung karena tidak tau apa yang harus dilakukan sehingga orang tersebut menjadi bosan.
          saya memiliki beberapa padangan soal pekerjaan yang membosankan, untuk masalah pertama biasanya saya mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan dikantor, kalo sudah selesai biasanya saya mencoba untuk explore pada teknologi yang baru, untuk memvariasi pekerjaan saya dan meningkatkan skill sehingga saya tidak mengalami kejenuhan dalam bekerja. untuk masalah kedua tentu dalam islam "waktu adalah ibadah" maka jangan biarkan waktu terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan yang tidak jelas, biasanya ketika tidak ada pekerjaan saya akan belajar dengan sesuatu yang baru pada teknologi informasi tentunya selain meningkatkan skill juga untuk menghilangakan kebosanan, biasanya supaya proses menghilangkan pekerjaan yang membosankan saya juga mendengarkan murotal Quran itu membuat lebih nyaman.

mungkin itu pengalaman saya untuk mengatasi pekerjaan yang menumpuk dan membosankan. sekian dan terimakasih. wasalamualaikum

Refrensi :
http://www.duniakaryawan.com/10-tips-agar-pekerjaan-anda-tidak-menjadi-beban/
http://lifestyle.kompas.com/read/2012/02/01/08202865/7.langkah.tuntaskan.pekerjaan.yang.menumpuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar