Sabtu, 03 Juni 2017

Sikap Dalam Menghargai Waktu

Assalamualaikum ikhwah fillah :D

Pada artikel kali ini saya akan menulis tentang sikap dalam menghargai waktu, sebenarnya jauh sebelum artikel ini ada, Allah tuhan semesta alam sudah menurunkan sebuah surah al-Ashr dalam Al Quran yang diturunkan kepada Nabi akhir zaman Muhammad Sallallahualaihi wassalam. itu artinya waktu adalah sesuatu yang sangat penting untuk manusia. untuk lebih jelasnya mari kita bahas.


Sudah lebih dari 1000 tahun yang lalu, Allah sudah mengingatkan kepada manusia pentingnya dalam memanfaatkan waktu, karena Allah juga bersumpah atas nama waktu (masa) itu artinya waktu merupakan sesutu yang sangat penting untuk manusia. 



Demi Masa

Allah bersumpah dengan al ‘ashr, yang dimaksud adalah waktu atau umur. Karena umur inilah nikmat besar yang diberikan kepada manusia. Umur ini yang digunakan untuk beribadah kepada Allah. Karena sebab umur, manusia menjadi mulia dan jika Allah menetapkan, ia akan masuk surga.

Manusia Benar-Benar dalam Kerugian

Manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kerugian di sini adalah lawan dari keberuntungan. Kerugian sendiri ada dua macam kata Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah.
Yang pertama, kerugian mutlak yaitu orang yang merugi di dunia dan akhirat. Ia luput dari nikmat dan mendapat siksa di neraka jahim.
Yang kedua, kerugian dari sebagian sisi, bukan yang lainnya. Allah mengglobalkan kerugian pada setiap manusia kecuali yang punya empat sifat: (1) iman, (2) beramal sholeh, (3) saling menasehati dalam kebenaran, (4) saling menasehati dalam kesabaran. 



Seperti yang sudah dijelaskan pada ayat al-ashr yang terdapat dalam Al Quran.
bahwa waktu adalah sesatu yang sangat penting, dan Allah pun bersumpah atas nama waktu. namun kebanyakan manusia sering menyeplekan waktu walaupun haya satu detik saja. banyak waktu yang kita lewati terbuang hanya dengan sia-sia saja, seperti melihat sesuatu yang tidak bermanfaat, ghibah dan lain-lain.
namun secara pribadi saya juga sering melawatkan waktu dengan kegiatan yang tidak jelas, sehingga saya merasa sedikit hampa dalam melwatkan waktu padahal seharusnya apa yang kita lakukan harus mempunyai nilai ibadah sehingga waktu yang kita lewati bisa bermanfaat. maka dari itu mulai sekarang kita harus menghargai waktu dengan lebih mendalam, jangan sisakan ruang untuk membuang waktu kita hanya dengan kesia-siaan.


https://rumaysho.com/3483-tafsir-surat-al-ashr-orang-sukses-waktu.html
https://muslim.or.id/2535-tafsir-surat-al-ashr-membebaskan-diri-dari-kerugian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar