Minggu, 25 September 2016

Bagaimana Mencari Informasi Peluang Usaha Dibidang Teknologi Informasi

Assalamualaikum, pada semester 7 ini saya mendapatkan mata kuliah softskill Pengantar Bisnis Informatika, dan pertemuan pertama sudah dikasih tugas haha good job pak reza(dosen softskill). oke langsung saja kita bahas materi satu per satu.


ini merupakan bagian yang cukup penting dalam membangun usaha di bidang TI karena informasi merupakan modal awal untuk menjadi seorang technopreneur (pengusaha dibidang TI). pada era modern ini kita mengenal industri kreatif, menurut saya usaha dibidang IT merukapan sumbernya ide-ide kreatif bermunculan karena kita bisa membuat usaha tanpa modal yang besar tapi bisa mendapatkan uang yang lumayan hehehe.
  • Internet
Internet adalah sumber yang sering sekali dijadikan rujukan untuk mencari berbagai sumber termasuk untuk mencari informasi peluang bisnis dibidang TI, di internet banyak sekali tips / cara mendirikan usaha semisal industri kreatif dalam menghadapi MEA (Masyarakat ekonomi Asean).
  • Komunitas
komunitas menjadi salah satu sumber informasi yang menarik juga karena didalamnya sudah ada orang yang memulai bahkan sukses dalam dunia usaha TI. jad disini biasanya sebagai tempat sharing untuk pada technopreneur untuk menimba ilmu dari seniornya.
 
selain dari pada itu, kita bisa melihat informasi peluang usaha dari beberapa faktor diantaranya
  • Informasi tentang kepribadian dan kemampuan dirinya
Dengan mengenali diri anda sendiri, anda dapat dengan mudah menentukan akan mencari peluang usaha yang seperti apa yang tepat dengan kemampuan anda saat itu.
  • Peluang yang dapat diraih
peluang yang dapat diraih biasanya kita melihat dari sebuah masalah yang ada pada masyarakat, kemudian kita mencari solusi bisnis untuk menciptakan peluang baru dalam bisnis
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen
untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen biasanya pengusaha akan melakukan beberapa macam cara, misalkan dengan teknik data mining / mengali data sebelumnya kemudian dianalisis terhadap tren setiap periodenya.
  • Lingkungan yang dihadapi
seorang pengusaha harus siap untuk menghadapi lingkungan persaingan usaha dan harus tahu cara menanganinya
  • Situasi persaingan
pada zaman sekarang persaingan usaha sangat ketat dengan inovasi dan berbagai macam produk atau jasa, maka dari itu seorang pengusaha harus mempunyai inisiatif bisnis yang bagus untuk kedepannya
  • Dukungan dan kebijakan pemerintah
Dalam membangun usaha tentunya tidak bisa berdiri sendiri, tanpa adanya dukungan dan kebijakan dari pemerintah. misalnya dalam hal perizinan dan pajak yang bisa di permudah dalam hal pembayaran.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar