Minggu, 25 September 2016

Perkembangan Bisnis Teknologi Dunia

perkembangan bisnis menjadi lebih cepat karena adanya teknologi digital sekarang ini, proses promosi , pemasaran dan pemesannan menjadi sangat cepat dan efisien. contoh bisnis yang bergerak di dunia teknolgi digital misalnya perusahaan ritel terbesar didunia seperti alibaba, perusahaan transportasi seperti uber dan gojek, dan banyak startup yang lainnnya.
 


  • Produk
  1. Hardware / Perangkat Keras
  2. Software / Perangkat Lunak
  • Jasa
  1. Aplikasi
  2. E-commerce
  3. Infrastruktur informasi dan komputer
Contoh Startup
  • Uber
Uber, itulah nama sebuah startup paling menghebohkan jagat teknologi Dunia sepanjang tahun 2015 kemarin. Uber adalah Startup Terbesar di Dunia 2016 dengan nilai valuasi mencapai 51 miliyar dolar. Startups rental kendaraan berbasis Aplikasi ini berhasil menikmati kejayaannya dengan kucuran dana segar dari banyak investor sebut saja Baidu, Benchmark Capital, Google Venture hingga Jumpstart Capital. Total pendanaan yang mencapai 7,4 miliyar dolar membuat nilai valuasi aset Uber ini pun ikut meroket.

Saat ini Uber dipimpin sang CEO Travis Kalanick yang juga merupakan co-founder Uber yang dia dirikan pada tahun 2009 di San Francisco, CA. Tantangan berat tentu sudah menanti Uber di 2016 ini mengingat hadangan dari para pesaingnya yang memiliki model bisnis serupa seperti Didi & Kuaidi Dache asal Tiongkok dan Lyft. Selain itu tentu perijinan oprasi kendaraan yang digunakan di kota atau negara tertentu juga halus jelas dan tersesaikan supaya layanan Uber ini tidak lagi di cap Ilegal oleh pemerintah setempat.

  • Xiaomi
Uber boleh saja menjadi Startup Terbesar di Dunia namun nama Xiaomi patut diajukan sebagai Startup Paling Potensial di Dunia sampai saat ini. Bayangkan saja pendanaan yang mengalir dari beberapa investor seperti All-Stars Investment, Digital Sky Technologies hingga GIC Private bisa menghasilkan valuasi 31 kali lipat dari pendanaan yang masuk. Sang Apple dari Cina ini merupakan Startup teknologi yang banyak memproduksi gadget ataupun alat-alat elektronik seperti Smartphone.

Berkembangnya Sistem Operasi Mobile Android tentu menjadi sinyal baik bagi Xiaomi untuk menjadi calon Perusahaan teknologi kelas Dunia selanjutnya. Karena seperti kita ketahui nama Xiaomi memang lebih familiar sebagai salah satu vendor smartphone Android. Di ranah Android Xiaomi akan menjadi penantang berat beberapa vendor smartphone lainnya seperti Lenovo dan Huawei di Cina hingga Samsung milik korea selatan.

Startup asal Bejing yang didirikan Jun Lai pada 2010 ini selain memiliki potensi sebagai kuda hitam di ranah Android tapi juga sangat berpontensi merusak peta persaingan perusahaan teknologi yang lebih dulu berdiri termasuk Apple Inc asal Amerika Serikat. Total pendanaan yang masuk ke kas dari Xiaomi mencapai 1,4 miliyar dolar dengan valuasi super besar mencapai 46 miliyar dolar.
  • Snapchat
Daftar 10 Startup Terbesar di Dunia kali ini terselip nama Snapchat, aplikasi chatting lintas platform buatan Evan Spiegel. Snapchat sendiri merupakan startup yang terbilang baru dimana pada tahun 2012 Spiegel membangunnya di tanah Venice, CA. Tercatat beberapa Capital Firm kenamaan seperti Alibaba, Yahoo hingga York Capital Management turut mengucurkan dana segar untuk memajukan produk aplikasi mobile Snapchat berjaya di Android dan Apple IOS. Tak tanggung-tanggu tercatat pada 2016 ini Snapchat berhasil menghimpun dana sebesar 1,2 miliyar dolar sekaligus membuat nilai valuasinya menembus angka 16 miliyar dolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar