Minggu, 25 September 2016

Tahapan Pengembangan Usaha

Dalam berbisnis tentu harus mempersiapkan secara komprehensif terutama dalam hal pengembangan usaha, yang diharapkan untuk kedepanya usaha tersebut dapat berkembangan dengan baik dan memberikan kontribusi positif terhadap keuntungan yang diperoleh.

Adapung tahapan pengembangan usaha adalah

  • Memiliki ide usaha
Awal usaha seorang enterpreneur / technoprenur berasal dari suatu ide usaha. Ide usaha yang dimiliki seorang enterpreneur dapat berasal dari berbagai sumber. Ide usaha dapat muncul setelah melihat keberhasilan bisnis orang lain (pengamatan). Selain itu ide usaha juga dapat timbul karena adanya sense of business yang kuat dari seorang enterpreneur. Ide usaha juga dapat dipertimbangkan berdasarkan beberapa informasi peluang usaha yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Penyaringan ide / konsep usaha
Seorang enterpreneur / technoprenur harus dapat menterjemahkan ide usaha tersebut ke dalam konsep usaha yang merupakan penerjemah lebih lanjut ide usaha ke dalam matra - matra bisnis yang lebih spesifik. Penyaringan ide - ide usaha tersebut akan dilakukan melalui suatu aktivitas penilaian kelayakan ide usaha secara formal maupun yang dilakukan secara informal.
  • Pengembangan Rencana Usaha
Komponen utama dari perencanaan usaha yang akan dikembangkan oleh seorang enterpreneur adalah perhitungan proyeksi rugi - laba dari bisnis yang dijalankan. Proyeksi rugi - laba merupakan muara dari berbagai komponen perencanaan bisnis lainnya yaitu perencanaan bisnis yang bersifat operasional. Dalam menyusun rencana usaha, harus segera ditambahkan bahwa para wirausahaan memiliki perbedaan yang mencolok dalam membuat rincian rencana usaha.
  • Implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha
Rencana usaha yang telah dibuat baik secara rinci maupun global, tertulis maupun tidak tertulis selanjutkan akan diimplementasikan dalam pelaksanaan usaha. Rencana usaha akan menjadi panduan bagi pelaksanaan usaha yang akan dilakukan seorang enterpreneur. Dalam kegiatan implementasi rencana usaha, seorang enterpreneur akan mengerahkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan seperti modal, material dan tenaga kerja untuk menjalankan kegiatan usaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar